Bentuk Bisnis E-Commerce Di Indonesia
Perlu diketahui E-Commerce di Indonesia ini mempunyai beberapa
bentuk bisnis E-commerce, tidak hanya mengunggulkan jualbeli online saja
melainkan tiap e-commerce mempunyai keunggulan masing masing. Seperti
halnya beberapa nama perusahaan ecommerce besar TokoBagus, Kaskus FJB,
hingga Lazada memiliki bentuk bisnis ecommerce yang berbeda satu dengan
yang lain.
Secara umum bisnis ecommerce di Indonesia dapat diklasifikasikan dalam 5 bentuk,
Diantaranya adalah:
- Classifieds / Daftar Iklan Baris
Bentuk bisnis yang pertama adalah classifieds atau daftar iklan
baris. Bentuk bisnis ini merupakan bentuk yang paling sederhana dari
usaha e-commerce yang ada. Itu karena bentuk bisnis ini mempunyai ciri
khas dimana penyedia jasa e-commerce tidak terlibat secara langsung
dalam proses jual beli yang terjadi. Dalam bentuk bisnis ini, pihak
perusahaan e-commerce hanya menjadi media yang mempertemukan antara
penjual dan pembeli dalam satu tempat.
Ciri-ciri dari bentuk bisnis classifieds adalah web penyedia layanan
e-commerce tersebut sama sekali tidak terlibat atau memfasilitasi
secara langsung transaksi jual beli online yang berlangsung. Ciri yang
kedua adalah dalam memanfaatkan layanan e-commerce tersebut, siapa saja
yang ingin menjual barang yang dimilikinya bebas melakukan hal tersebut
kapan dan dimana saja secara online. Ciri lain dari bentuk ini adalah
pihak e-commerce mendapatkan keuntungan dari iklan premium yang
terpasang pada website tersebut.
Penyedia layanan e-commerce di Indonesia yang menggunakan bentuk bisnis ini antara lain Berniaga, TokoBagus dan juga OLX.
Hingga saat ini OLX menjadi jaringan perusahaan e-commerce yang
terlama yang ada di Indonesia dan masih tetap eksis hingga saat detik
ini. Selain ketiga e-commerce tersebut, Kaskus FJB(forum
jual beli) pada dasarnya juga menganut bentuk bisnis ini karena selama
proses transaksi pihak Kaskus sendiri tidak memberikan keharusan bagi
para penjual atau pembeli menggunakan layanan transaksi apapun yang
mereka sediakan. Dalam sistem pembayarannya pun, para penggiat Kaskus
FJB banyak yang menggunakan metode COD atau cash on delivery. Secara
umum tipe e-commerce ini lebih cenderung digunakan oleh para penjual
yang hendak menjual barang bekas atau yang jumlahnya terbatas.
- Marketplace C2C (Customer to Customer)
Yang membedakan antara bentuk bisnis ini dengan bentuk classifieds
adalah selain menawarkan tempat sebagai media promosi barang daganganya,
pihak e-commerce juga memberikan layanan metode pembayaran dari
transaksi online yang dilakukan. Hal tersebut juga menjadi ciri utama
dari bentuk bisnis e-commerce Marketplace C2C. Pada umumnya pihak
e-commerce akan memberikan layanan Escrow atau rekening pihak ketiga.
Fungsi dari Escrow tersebut adalah sebagai jembatan antara penjual,
pembeli dan pihak e-commerce. Jika sudah terjadi kesepakatan pembelian,
pembeli harus mentransfer dana kepada pihak escrow. Baru setelah dana
dikonfirmasi masuk ke escrow, penjual bisa mengirimkan barangnya para
pembeli. Dan setelah pembeli mengkonfirmasi kedatangan barang, maka
pihak escrow akan memberikan uang nya ke penjual. Selain lebih aman,
dengan menggunakan jasa escrow jika tiba-tiba terjadi masalah dengan
barang, dana akan bisa segera dikembalikan pada pembeli. Pada situs
Kaskus FJB (forum jual beli), jasa escrow lebih dikenal dengan nama
Rekber atau rekening bersama.
Perusahaan e-commerce yang mengadopsi bentuk bisnis ini antara lain Tokopedia dan Lamido.
Perusahaan tersebut akan mendapatkan keuntungan dari sistem iklan
premium dan juga adanya komisi dari jasa escrow. Bagi anda para penjual
yang memiliki barang dengan jumlah yang cukup banyak, bisa mencoba
menjadi penjual para bentuk bisnis e-commerce yang satu ini.
- Shopping Mall
Bentuk bisnis e-commerce Shopping Mall, semua proses serta layanannya
kurang lebih sama dengan bentuk bisnis Marketplace C2C yang membedakan
antara keduannya adalah penjual yang ada pada e-commerce tersebut. Pihak
yang bisa masuk menjadi penjual di e-commerce tersebut hanyalah
brand-brand besar yang telah mempunyai nama di pasar lokal atau pun
internasional.
Untuk masuk pun membutuhkan proses verifikasi yang tidak mudah. Dari
segi keuntungan, pihak ecommerce bisa menarik komisi dari penjual yang
notabenenya brand besar tersebut. Dengan begitu pendapatannya pun bisa
lebih besar. Hingga saat ini, di Indonesia bentuk bisnis ini baru
diterapkan oleh satu e-commerce yaitu Blibli.
- Toko online B2C (Business to Consumer)
Pada dasarnya bentuk bisnis ini lebih berfokus pada penjualan barang
atau produk milik perusahaan e-commerce itu sendiri. Sehingga semua
keuntungan dari penjualan produk murni dimiliki oleh perusahaan
e-commerce dan tidak dibagi dengan pihak lain.
Jenis bisnis ini merupakan salah satu bentuk yang paling berkembang
di Indonesia, namun dalam pengembangan bentuk bisnis ini tentunya juga
tidak mudah. Selain diperlukan modal yang sangat besar, ketersediaan
pasokan barang serta sistem penjualan semuanya harus dihandle sendiri
oleh pihak e-commerce.
Beberapa perusahaan e-commerce yang menerapkan bentuk bisnis ini antara lain Lazada,Bhineka, dan Berry Benka.
Namun seperti halnya Lazada juga masing memiliki sistem layaknya
Marketplace C2C yang dapat menerima penjual mandiri yang memiliki barang
yang cukup banyak dan terjamin ketersediannya.
- Sosial Media Shop
Bentuk bisnis e-commerce yang terakhir adalah sosial media shop.
Bentuk ini bisa dikatakan muncul seiring perkembangan sosial media yang
makin menanjak. Potensi dari sosial media tersebut kini dimanfaatkan
langsung oleh perusahaan e-commerce dengan membangun bisnis yang
berbasis pada sosial media tersebut.
Saat ini sosial media yang menjadi lahan utama perkembangan bentuk
bisnis ini masih didominasi oleh Facebook, namun dengan pergesaran tren
sosial media yang terjadi akhir-akhir ini juga telah membuka pesaing
baru seperti Instagram dan juga Twitter.
E-commerce di Indonesia yang menyediakan bentuk bisnis ini adalah Onigi.
Keuntungan dari bentuk ini adalah dari segi pemanfaatan banyaknya
konsumen yang berasal dari sosial media tersebut dan juga kemudahan
dalam pembuatannya.
Dengan lebih mengenal bentuk bisnis ecommerce tersebut, bisa menjadi
tambahan informasi terutama bagi anda yang berniat menjadi penjual
online. Memilih jenis ecommerce yang tepat akan membantu bisnis yang
anda jalankan berkembang lebih pesat dan akhirnya mendatangkan
keuntungan yang lebih besar tentunya.
Sebagai penutup berikut sebuah video yang membahas tentang perkembangan dunia ecommerce yang ada di Indonesia saat ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar