Transaksi Pembelian di Tokopedia
Untuk masalah setok barang yang tersedia di layanan tokopedia Pembeli
memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan
tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut. Terkait
ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam
keadaan stok Barang kosong, maka penjual akan menolak order, dan
pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
Tokopedia tidak akan memayungi atau bertanggung jawab apabila
transaksi antara Pembeli dan Penjual saat bertransaksi menggunakan
fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi
khusus diluar situs Tokopedia atau upaya lainnya dengan rekening selain
Rekening Resmi Tokopedia tanpa sepengetahuan Tokopedia.
Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya
dalam batas waktu 2 hari) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika
dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum
dilakukan oleh pembeli, Tokopedia memiliki kewenangan untuk membatalkan
transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan
atas pembatalan transaksi tersebut.
Saat Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan
berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi
pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses
oleh Tokopedia.
Tidak hanya menerima barang Pembeli wajib melakukan konfirmasi
penerimaan Barang, setelah menerima kiriman Barang yang dibeli.
Tokopedia memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman
berstatus “terkirim” dalam situs agen ekspedisi, untuk Pembeli melakukan
konfirmasi penerimaan Barang. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada
konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli
menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang secara
otomatis oleh sistem Tokopedia.
Setelah adanya konfirmasi penerimaan Barang atau konfirmasi
penerimaan Barang otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke
Rekening resmi Tokopedia akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual
(transaksi dianggap selesai).
Untuk aturan barang yang dibeli
- Claim atau pengaduan barang setelah konfirmasi barang diterima, maka claim barang tersebut akan ditolak tokopedia.
- Untuk keterlambatan pembayaran akan menjadi tanggung jawab pribadi.
- Pengembalian dana dari Tokopedia kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
– Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Barang,
– Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai,
– Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,
– Penjual sudah menyanggupi pengiriman order Barang, tetapi setelah
batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Barang
hingga batas waktu yang telah ditentukan.
Proses pengembalian dana dari Tokopedia maka Saldo Tokopedia milik
Pengguna akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
Untuk pembatalan Transaksi hanya dapat dibatalkan sebelum Pembeli
melakukan konfirmasi pembayaran dan disampaikan secara resmi kepada
Tokopedia melalui metode yang tersedia, kecuali dalam kondisi adanya
pembatalan dari pihak Penjual.
Tokopedia berwenang mengambil keputusan atas
permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat
tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli,
dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Tokopedia adalah
keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak
Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
metode pembayaran transfer bank,menggunkan kode unik pada jumlah
total yang harus dibayarkan hal ini bertujuan untuk mempermudah proses
verifikasi. Dan apabila terjadi pembatalan pembelian maka pengembalian
dana sesuai dengan harga aslinya tanpa disertai kode uniknya.
Tokopedia memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan
menjadi “terkirim” apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman dari
kurir setelah 10 hari sejak resi diinput oleh Penjual dan tidak ada
konfirmasi lebih lanjut dari pihak Pembeli perihal barang pesanan.
Kemudian dalam jangka waktu 5 hari sejak perubahan status tersebut
diatas, Tokopedia memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk
melakukan (i) konfirmasi penerimaan barang atau (ii) Komplain. Jika
dalam jangka waktu 5 hari tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan
barang atau komplain apapun dari Pembeli, maka Tokopedia memiliki
kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana kepada
Penjual bersangkutan yang dianggap telah melakukan kewajibannya
mengirimkan barang dan menginformasikan nomor resi pengiriman.
Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat
tujuan pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir
telah sesuai.
Tokopedia memiliki kewenangan untuk mengembalikan dana pada limit
kartu kredit pengguna, ketika terbukti adanya tindakan kecurangan pada
penggunaan fitur pembayaran kartu kredit dan/atau memproses
penarikan/gesek tunai (cash withdrawal transaction) pada kartu kredit
Reference
Tidak ada komentar:
Posting Komentar