fashion pria

Sabtu, 09 April 2016

Advertising Agency

 ADVERTISING  AGENCY 
Advertising  Agency atau  Perusahaan  Periklanan  adalah, suatu  organisasi/perusahaan  jasa   independen yang mengadakan kontrak dengan  pihak pengiklan/advertisers ( yaitu perusahaan atau individu berusaha untuk mencari pelanggan/customers untuk produk dan jasa mereka), untuk mengelola iklan mereka.
Secara historis, pelayanan jasa  agen periklanan  hanya menyangkut  pada   masalah  yang bersifat kreatif, tetapi kemudian, konsep  agency  diperluas sehingga  mencakup  pada  layanan penelitian dan perencanaan media dan pembelian (research services and media planning and buying)
Perusahaan  agency  biasanya diklasifikasikan menurut jenis usaha  yang mereka  tangani (misalnya, keuangan, industri, atau konsumen barang kemasan – financial, industrial, or consumer packaged goods – ataupun  berbagai layanan yang mereka tawarkan (misalnya, kreatif, media, atau layanan penuh  creative, media, or  full service).
*Kompensasi  untuk  layanan  ini  berasal  dari  tiga  sumber  yang  berbeda:
(1). Komisi 15% dari media yang memuat iklannya  berdasarkan  biaya yang dikenakan untuk pemakaian  ruang dari media  space  atau  waktu yang digunakan.
(2). Biaya/fee  yang dikenakan untuk jasanya  (biasanya  tidak berdasarkan  sistem  komisi, seperti survei pasar).
Namun masalah  akan terjadi ketika nilai-harga hubungan antara penempatan media dan layanan kreativitas  ternyata  tidak seimbang (misalnya, ketika klien menggunakan penyiaran komersial/iklan yang  sama untuk jangka waktu yang panjang, tidak membawa hasil  yang kreatif, melainkan  dihadapkan pada tagihan  jutaan dolar dari pihak broadcast) , maka untuk itu  pihak agency akan dikompensasian dengan penggantian sistem  biaya  komisi 15%.
(3) Persentase  biaya atas bahan dan jasa yang digunakan dalam penyusunan iklan, dalam wilayah ini, klien dibebankan biaya ditambah 17,65%
Dalam  agency  yang lebih kecil, banyak pekerjaan yang digabungkan atau  diisi oleh tenaga lepas/ freelancer. Selain itu, ada agency  yang lebih kecil  akan menyewa perusahaan-perusahaan luar yang lebih besar  untuk memberikan layanan yang  dimiliki oleh seluruh departemen dalam lembaga yang lebih besar tersebut.(allbusiness.com/rtn)
*Struktur  organisasi  dari  full-service  advertising agency:
Struktur  tipikal  dari sebuah biro iklan yang menyediakan layanan yang lengkap (full-service advertising agency), memiliki struktur yang komplit  seperti berikut ini :
Dari  CEO >> Board  of  Directors >> President  Director
Dibawah  President Director terdapat beberapa Vice President (VP),  seperti   VP  Creative Services , VP Account Services, VP Marketing Services, dan  VP Finance Management.
*VP  Creative   Services membawahi  para  Writers, Art Directors,Broadcast Production, Print Productions,Fashion, (Broadcast Prod. dan Print  Prod. yang  menangani traffic)
*VP Account Services membawahi   Account Supervision   yang membawahi Account Executive
*VP Marketing Services membawahi bagian  Media  dan  bagian  Sales Promotion serta bagian Research.
*VP Finance Management membawahi bagian Finance, bagian Accounting  serta bagian Office Management yang membawahi bagian Personnel/HRD.

(sumber: Thomas Russell/Glenn Verrill – OTTO KLEPPLINER’ S  ADVERTISING  PROCEDURES  9th ed-1986/ allbusiness.com /rtn)
gambar :http://www.svvfx.com/2016/02/menggunakan-advertising-agency-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar