fashion pria

Sabtu, 09 April 2016

Pengertian Advertising


Ngomongin tentang Advertising, 
Advertising merupakan usaha yang bergerak di bidang periklanan. Advertising menyediakan jasa pembuatan konsep, percetakan serta penempatan iklan, tergantung dengan jenis usaha advertising.

Dalam pesatnya perkembangan bisnis dan usaha di dunia ini, advertising menjadi salah satu alternatif pendukung usaha, karena hampir semua perusahaan membutuhkan jasa periklanan. Bahkan, biasanya dalam suatu perusahaan, marketing adalah hal yang paling utama. Jadi, pangsa pasar untuk usaha advertising sangat luas.
Dalam hal keuangan, advertising tidak membutuhkan banyak modal, karena fungsinya hanya sebagai distributor dengan mengandalkan kreatifitas. Advertising hanya memberikan ide ide kreatif pada produk iklan.
Contoh produk advertising adalah sticker, pin, poster, flyer, spanduk, x-banner, roll banner, one way vision, blocknote,
Usaha advertising dapat dimulai dengan berjualan produk advertising yang kecil – kecil seperti stiker, pin, atau mug. Hal ini dapat dilakukan dengan tanpa modal, yaitu dengan teknik pre-order. Jadi sebelum barang itu dicetak atau dibuat, calon pembeli diberikan sampel desain terlebih dahulu untuk meminimalisir kerugian. Setelah calon pembeli memilih desain yang ingin dicetak, maka calon pembeli harus membayar penuh didepan agar dapat segera dicetak.
Anda dapat menawarkan hasil desain anda ke teman – teman anda, saudara, atau bahkan masuk ke instansi instansi besar. Semakin banyak link ke instansi, semakin besar kemungkinan anda mendapatkan pelanggan atau returning user. Dan semakin besar pula pasar untuk anda.
Usaha advertising dapat dikembangkan menjadi lebih luas lagi dengan fokus pada salah satu produk, contohnya buku angkatan. Usaha advertising yang fokus pada buku tahunan mempunyai prospek yang lebih besar lagi, karena hampir setiap sekolah pada masa kelulusan pasti membuat buku angkatan. Dengan bermodal keahlian desain dan fotografi, anda dapat mengembangkan usaha advertising fokus ke pembuatan buku angkatan.
Kendala Advertising
1. Pasar
Mudahnya orang memulai bisnis ini, maka pasar pun semakin sempit karena semakin banyaknya pesaing yang ada. Bahkan tidak jarang usaha advertising yang gulung tikar karena kalah bersaing.
2. Permodalan
permodalan ini sangat mempengaruhi persaingan, terutama di jogja, karena advertising hanya sebagai penghubung antara user dengan percetakan. banyak
percetakan yang mem-'by pass' langsung ke user, sehingga persaingan tidak hanya terjadi antar perusahan advertising, namun juga dengan percetakan.
Solusi
1. Mengatasi pangsa pasar
Pangsa pasar di Jogja sudah sangat sedikit, ini di karenakan menjamurnya usaha advertising di jogja. Sehingga, lebih baik ekstensifikasi ke luar kota daripada harus intensifikasi di dalam kota. kecuali, sudah memiliki relasi relasi pasar yang sudah pasti.
2. Mengatasi Permodalan
untuk mendirikan usaha advertising memang tidak dibutuhkan modal yang besar, namun karena persaingan pasar yang ketat, maka dibutuhkan finansial yang kuat di awal. hal ini dapat diatasi dengan memperbanyak relasi pasar dan relasi percetakan.
Tips and Trick
Saat ingin mendirikan perusahaan advertising dengan modal minim (atau nol), maka dibutuhkan usaha keras dan tentunya pantang menyerah. Berikut tips dan trick di awal usaha advertising.
1) Perbanyak link, terutama ke percetakan dan user.
2) Usahakan user puas dengan hasil kerja anda. Perbanyak returning-user.
3) Berikan kepercayaan kepada pemilik modal (jika anda meminjam modal).
4) Promosikan usaha anda sebelum anda mempromosikan milik orang lain.

demikian artikel dari saya selamat membaca

sumber : http://malikaglobalmedia.blogspot.co.id/2012/10/advertising-adalah-usaha-yang-bergerak.html
sumber gambar : http://facchouston.org/advertising/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar