Dalam artikel saya kali ini, akan membahas sedikit tntang tujaun ADvertising atau periklanan, namun tahukah anda periklanan atau advertising itu apa?, menurut para ahli seperti Philip Kotler ( 1998 : 205 ) periklanan ( advertising ) ”Semua bentuk penajian non personal dan promosi ide barang atau jasa yang dibayar oleh suatu sponsor tertentu. dan sedangkan Menurut Rhenald Kasali dalam bukunya Manajemen Periklanan dan aplikasinya di Indonesia ( 1995 : 9 ) Iklan adalah “ Pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui suatu media “. dari kedua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa perikalanan atau adbvertising itu adalah suatu bentuk pesan yag disampaikan kepada pembaca dengan melalui media terrtentu, agar menarik pengguna atau pengunjung.
Jika dilihat dari d]tujuannya advertising memiliki beberapa tujuan dan diantaranya adalah :
• Iklan yang memberikan informasi ( Informative Advertising ) adalah iklan secara panjang lebih menerangkan produk jasa dalam tahap pengenalan guna menciptakan permintaan atas produk tersebut.
• Iklan membujuk ( Persuasive Advertising ) iklan menjadi sangat penting dalam situasi persaingan dimana perusahaan adalah menciptakan suatu Brand Image dan Trade Mark dari perusahaan itu sendiri.
• Iklan pengingat ( Reminder Advertising ) iklan ini akan sangat penting dalam tahap kedewasaan ( Maturity ) dari suatu produk untuk menjaga agar konsumen selalu ingat akan produk tersebut.
demikian artikel ini saya sampaikan semoga para pembaca lebih tahu tentang advertising atau periklanan, selamat membaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar