fashion pria

Sabtu, 09 April 2016

Jenis Media dan Biaya Periklanan

Jenis-Jenis Media Periklanan 
Pesan dalam periklanan disampaikan pada pasar (masyarakat) melalui media dan sarana-sarananya. Media dan sarana yang dapat dipergunakan menurut Kotler (2000: 588) diantaranya :
1. Surat Kabar
2. Majalah
3. Radio
4. Televisi
5. Direct Mail Advertising (periklanan melalui surat langsung)
6. Outdoor Advertising (periklanan di luar ruangan )
7. Transit Advertising Pesan disampaikan mealui gambar atau tulisan yang dipasang pada kendaraan.
8. Classified Coulumns Advertising Pemasangan iklan pada buku petukjuk telepon, iklan khusus pada surat kabar.
9. Hand Bills and Package Insert Adalah selebaran yang dikirim ke rumah-rumah dengan cara menyelipkan pada majalah atau surat kabar.
10. Speciality Advertising (periklanan khusus) Iklan yang dicantumkan secara khusus pada pena, kalender dan lain-lain.
11. Internet

Biaya Advertising
Menetapkan anggaran sangatlah penting yang dikarenakan untuk menentukan media apa yang akan digunakan dalam pelaksanaan promosi, juga tergantung pada besarnya anggaran itu sendiri.

Biaya ( cost ) menurut Horngren dan Harrison yang diterjemahkan oleh Sesokusumo ( 1993 : 965 ) biaya adalah : “ Biaya sebagai suatu sumber daya yang dikorbankan untuk mencapai tujuan tertentu “. Sedangkan menurut Hansen dan Mowen ( 2000 : 38 ) adalah : “Kas atau nilai ekuivalen kas yang dikorbankan untuk barang atau jasa membawa keuntungan masa kini dan masa yang akan datang. 

Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa biaya periklanan adalah pengorbanan yang diukur dengan harga yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk dan berusaha untuk mempengaruhi keputusan yang dilakukan oleh konsumen.

Perusahaan berorientasi pada pencapaian sasaran promosi yang akan dicapai sehingga sebesar itulah anggaran yang akan digunakan dan disediakan . Terdapat 4 ( empat ) metode dalam hal penyusunan anggaran promosi menurut Rumbat Lupiyoadi ( 2001 : 115 ) antara lain :

1. Metode Sesuai Kemampuan
Menyebabkan penyusunan anggaran promosi tahunan tidak menentu serta menyebabkan perencanaan komunikasi pasar jangka panjang sulit dilakukan.

2. Metode Persentase Penjualan
Hal ini banyak dipergunakan perusahaan dalam menetapkan promosinya berdasarkan persentase tertentu dari penjualan.

3. Metode Keseimbangan Persaingan
Beberapa perusahaan menetapkan anggaran promosi mereka untuk mencapai keseimbangan pangsa pasar dengan para pesaing mereka.

4. Metode Tujuan dan Tugas
Untuk mengembangkan promosi dan identifikasi tujuan spesifik , menentukan tugas - tugas yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut serta memperkirakan biaya untuk melaksanakan tugas tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar